Rabu, 20 Juni 2012

Gangguan pada Sistem Kekebalan Tubuh

Gangguan pada Sistem Kekebalan Tubuh

Oke sampai pada penghujung buku biologi kelas 11 karangan purnomo, kali ini kita akan membahas gangguan pada sistem kekebalan tubuh.semoga bermanfaat

Anda tentunya pernah merasakan gangguan pada tubuh yang ditandai adanya rasa sakit, misalnya flu. Apa sebenarnya yang menyebabkan timbulnya suatu penyakit? Anda juga sering mendengar atau membaca penyakit AIDS. Bagaimana AIDS dapat menyerang manusia? Berikut ini akan dipelajari apa yang menyebabkan penyakit khususnya penyakit AIDS.


1. Penyebab Penyakit

Mikroba yang menyebabkan penyakit disebut kuman penyakit (patogen). Mikrobia tersebut dapat berupa bakteria, jamur, maupun virus. Bakteri dan jamur sebagian bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tetapi berbeda dengan virus, yang merupakan patogen memiliki sifat dapat menyebabkan penyakit. Sifat virus selalu hidup pada organisme hidup lain (sebagai parasit). Di dalam tubuh organisme lain, virus mampu berkembang biak secara capat dan dapat secara terus-menerus berubah membentuk strain baru yang tahan terhadap obat. Contoh penyakit yang disebabkan oleh aktivitas virus adalah influenza dan AIDS. Perhatikan Gambar 11.9.




Mengapa tubuh manusia dapat menjai tempat yang cocok untuk perkembangbiakan mikroorganisme?

Tubuh manusia memiliki suhu yang relatif stabil, mendekati pH netral, menyediakan pasokan makanan secara konstan, dan selalu menyediakan oksigen. Keadaan yang seperti itu sangat ideal bagi pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme. Mikroorganisme ini sebagian dapat menyebabkan penyakit. Mikroorganisme yang menyebabkan penyakit disebut sebagai patogen. Mikroorganisme dapat dikatakan sebagai patogen dengan syarat mampu masuk ke dalam tubuh, tumbuh berkoloni di dalam tubuh, tahan terhadap pertahanan tubuh, dan menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh yang ditempati.

Kuman dapat menyebabkan sakit dengan cara-cara sebagai berikut.

a.    Merusak jaringan, misalnya Tuberculosis merusak jaringan paru-paru.
b.    Mengeluarkan toksin, misalnya bakteri Salmonella yang menghasilkan racun pada makanan.

Kuman penyakit dapat menular dari orang yang terinfeksi ke orang yang masih sehat. Sebagai bentuk pencegahan, Anda disarankan untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan dengan melakukan beberapa usaha berikut.

a.    Mencuci tangan sebelum memegang makanan yang akan dimakan.
b.    Mencuci rambut dengan sampo.
c.    Rutin mandi setiap hari.
d.    Rutin menyikat gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar